Pencarian  
Segera laksanakan rencana keberhasilanmu di hari ini, jangan tunda lagi, jangan buang waktu, karena waktu tidak bisa menunggu Sahabat adalah mereka yang mampu mengeluarkan kemampuan terbaik yang ada dalam diri kita dan mereka yang selalu memberi kita semangat
menu
PEMBELAJARAN ELEKTRONIK
ALUMNI KITA





STATISTIK PENGUNJUNG

1427420

Pengunjung hari ini : 0
Total pengunjung : 245891

Hits hari ini :
Total Hits : 1427420

Pengunjung Online: 0
el
Aplikasi e-Rapor SMP
Oleh : Didit Purwanto - Selasa, 19 Desember 2017

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 23 Tahun 2016 tentang
Standar Penilaian Pendidikan menjelaskan bahwa penilaian pendidikan pada
pendidikan dasar dan pendidikan menengah terdiri atas penilaian hasil belajar oleh
pendidik, satuan pendidikan, dan pemerintah. Penilaian hasil belajar oleh pendidik
bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi proses, kemajuan belajar, dan
perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan. Penilaian hasil
belajar dimulai dengan merencanakan penilaian, menyusun instrumen,
melaksanakan penilaian, mengolah dan memanfaatkan, serta melaporkan hasil
penilaian.

Proses penilaian hasil belajar peserta didik, baik oleh pendidik maupun oleh satuan
pendidikan, akan lebih sistematis, komprehensif, lebih akurat, dan cepat dilakukan
apabila didukung dengan perangkat aplikasi komputer. Berkaitan dengan hal
tersebut, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal
Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
mengembangkan aplikasi e-Rapor utuk SMP  yang terintegrasi dengan Data Pokok
Pendidikan (Dapodik), termasuk panduan penggunaannya.

PANDUAN UNTUK GURU MATA PELAJARAN 
Tugas dan Kewenangan Guru Mata Pelajaran
Guru dalam hubungannya dengan e-Rapor, memiliki wewenang dan tugas sebagai
berikut: 
1. Mengubah password sendiri.
2. Merencanakan penilaian pengetahuan, keterampilan, sikap spiritual, dan sikap 
sosial.
3. Menginput nilai  pengetahuan, keterampilan, sikap spiritual, dan sikap sosial.
4. Menyimpan proses deskripsi nilai.
5. Mengirim nilai akhir.
6. Menginput nilai US/USBN. 

 

PANDUAN UNTUK GURU BIMBINGAN DAN KONSELING 
Tugas dan Wewenang Guru BK dalam Aplikasi e-Rapor
Di dalam aplikasi e-Rapor ini, guru Bimbingan dan Konseling (BK) memiliki dua
kedudukan yaitu sebagai sebagai guru bimbingan (BK) dan guru. 
1. Guru BK sebagai guru bimbingan (BK)
Sebagai guru bimbingan dan konseling, guru BK memiliki wewenang dan tugas
sebagai berkut: 
a. Mengubah password sendiri
b. Melihat data perserta didik
c. Melihat grafik nilai siswa
d. Melihat rekap kehadiran siswa
e. Mencetak leger nilai siswa 
2. Guru BK sebagai guru mata pelajaran
Sebagai guru mata pelajaran, guru BK memiliki wewenang dan tugas sebagai mata
pelajaran guru BK  memiliki wewenang dan tugas sebagai berikut: 
a. Mengubah password sendiri
b. Menginput nilai sikap spiritual dan sikap sosial 

 

PANDUAN UNTUK WALI KELAS 
Tugas dan Wewenang Wali Kelas dalam e-Rapor
Wali kelas dalam aplikasi e-Rapor memiliki tugas dan wewenang sebagai berikut: 
1. Mengubah password sendiri.
2. Mengedit data siswa.
3. Menginput kehadiran siswa.
4. Menginput nilai ekstrakurikuler.
5. Menginput data prestasi siswa.
6. Menginput catatan wali.
7. Menginput proses deskripsi.
8. Mencetak rapor. 

 

Untuk lengkapnya silahkan masuk di : smpn3kbm.dnset.com:2679


Cetak | Kembali
Copyright© 2010 - 2017 by SMP Negeri 3 Kebumen | Supported by AMIK PGRI KEBUMEN
Jalan S. Parman nomor 3 Kebumen telephone (0287) 381140
E-mail : smp@smpn3kebumen.sch.id
Fax. (0287) 382950